Thursday, October 6, 2011

Biaya Operasional Masjid Nabawi Rp 5 Miliar per Hari

Pada musim haji total biaya operasional Masjid Nabawi di Kota Madinah Al Munawaroh, Arab Saudi mencapai Rp 5 miliar per hari. Biaya ini juga tidak berbeda jauh saat diluar musim haji.

Untuk kebersihan masjid sendiri dilakukan secara terus menerus 24 jam. Petugas kebersihan dibagi dalam 3 shift, masing-masing shift terdiri dari 500 personel.

Menurut penuturan Tamin satu diantara petugas kebersihan yang ditemui Rommy Febriansyah dari Suara Surabaya Media di pelataran Masjid Nabawi, Selasa (5/10/2011), total biaya perawatan dan operasional masjid tersebut mencapai Rp5 miliar per hari dalam musim haji, dan didanai oleh Kerajaan Arab Saudi.

‎Tamin tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Barat sebagai petugas kebersihan Masjid Nabawi, mengaku menerima gaji sebesar 800 SAR (Saudi Arabia Riyal), dengan tunjangan in-natura berupa fasilitas tempat tinggal, kesehatan, transportasi, listrik dan gas yang seluruhnya ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi.

Luas Masjid Nabawi lebih kurang 18 hektare dengan konstruksi bangunan dua lantai tambahan di bawah bangunan masjid sebagai area parkir kendaraan.

‎Masjid ini mampu menampung sampai 1 juta jamaah baik di dalam gedung sampai pelataran masjid. Khusus area pelataran masjid untuk kenyamanan jamaah beribadah terdapat payung-payung raksasa berdiameter 20 meter yang akan terbuka setiap pukul 06.00 dan menutup pukul 18.00 waktu setempat secara otomatis yang dilengkapi dengan blower air guna menambah kelembaban.

Pada saat menutup, payung-payung yang berjumlah 250 tiang ini membentuk menara-menara kecil menambah kemegahan Masjid Nabawi.

Seluruh masjid berlantaikan marmer dan untuk bangunan utama masjid dilapisi dengan karpet guna kenyamanan jamaah beribadah. Keindahan interior bangunan utama terlihat dari ribuan tiang-tiang penyangga bangunan dengan ornamen aksesoris relief, kaligrafi dan lampu.

Fasilitas lain yang menarik dari Masjid Nabawi adalah terdapat banyak pintu masuk ke pelataran masjid dari areal parkir kendaraan di dua lantai di bawahnya, yang juga dilengkapi dengan toilet tempat berwudhu yang masing-masing dapat menampung 250 jamaah.

Selain itu terdapat fasilitas air minum bagi jamaah yang disediakan tersebar baik di pelataran masjid maupun di dalam bangunan utama.(ipg)

Teks Foto:
1. Pelataran Masjid Nabawi di Kota Madinah.
2. Tamin (kiri berbaju gelap) petugas kebersihan Masjid Nabawi bersama Rommy Febriansyah (tengah), dan salah satu jamaah haji dari Surabaya.
Foto: Rommy Suara Surabaya Media dan Istimewa
http://www.suarasurabaya.net

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment