Sunday, October 30, 2011

Menyamar Sebagai Wanita, Jemaah Haji Ilegal Ditangkap Polisi

Jeddah: Pihak kepolisian Saudi berhasil menangkap beberapa laki-laki yang tidak mempunyai izin haji yang berdandan dan menyamar sebagai perempuan supaya dapat menyelinap ke tempat-tempat diselenggarakannya ibadah haji.

Para penyamar ini ditangkap oleh Polisi wanita Saudi yang sedang merazia wanita yang mencoba memasuki tempat-tempat haji tanpa izin.


"Dalam beberapa minggu terakhir, kami telah mengagalkan beberapa upaya oleh pengemudi yang menyelundupkan warga ilegal ke Makkah dan tempat-tempat suci lainnya tanpa ada izin haji," kata Kolonel Badar Bin Hamad Al-Malik, juru bicara Direktorat Jenderal Paspor, yang dilaporkan oleh koran Al-Madinah.


Pejabat Departemen Paspor dan petugas keamanan yang berada di jalanan memeriksa indetitas dari semua orang-orang untuk memeriksa apakah mereka adalah warga Saudi atau peziarah Haji, dan mereka yang tidak memiliki dokumen atau izin haji akan dipulangkan kembali dari pos pemeriksaan ini.


Namun ia memperingatkan bahwa jika petugas menemukan seseorang peziarah haji ilegal atau tidak mempunyai izin, maka warga yang menjadi penyelundup akan ditahan dan kendaraan mereka akan disita.


Pihak berwenang telah membawa berbagai langkah untuk membuat orang banyak yakin bahwa semuanya bisa dikendalikan. Unit pengawasan udara bekerja sama dengan ratusan petugas patroli departemen paspor dalam rangka untuk menangkap para jemaah haji ilegal.

Ada sembilan pos pemeriksaan di jalan menuju Mekah dan yang lain di Al-Shumaisi, jalan di mana semua jamaah haji harus melaluinya sebelum melakukan ibadah haji mereka.


"Kebanyakan penyelundup menggunakan jalan tanah yang mereka percaya tidak dijaga, bagaimanapun, pihak berwenang departemen Paspor sudah menemukan trik ini dan telah terus mencermatinya," Kolonel Al-Malik menambahkan.
(SG/SIA)

http://sabili.co.id

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment