Monday, October 17, 2011

Pohon Soekarno Ubah Gersang Menjadi Sejuk

Pohon Soekarno Pd Arafah


Pada puncak haji mendatang,jamaah akan dikumpulkan di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf. Mendengar nama Padang Arafah,terbayang hamparan pasir luas yang gersang,tandus,dan mungkin tidak ada kehidupan di sana.

Namun,bayangan itu pupus seketika saat melihat kondisi nyata Padang Arafah.Padang yang mayoritas tersusun dari pasir dan bebatuan itu tidak lagi tandus,gersang,dan kering.Bukan seperti padang pasir pada umumnya di jazirah Arab.Padang Arafah justru ditumbuhi pohon-pohon besar nan rimbun.

Perubahan Padang Arafah ini tidak terlepas dari jasa Presiden RI pertama Soekarno. Saat menjadi presiden RI,Soekarno pernah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.Saat itu,Soekarno sempat membawa bibit pohon mimba atau imba atau imbo.Bibit itulah yang kemudian Soekarno tanam di salah satu bidang lokasi wukuf, yakni Padang Arafah. Pohon Soekarno.

Pohon yang di Indonesia dikenal sebagai pohon mimba,pohon imba, atau pohon imbo itu kini kian rimbun menghijau.Sebagai orang berpengaruh di kawasan negara-negara nonblok saat itu,Bung Karno pun dengan mudah menawarkan ide penanaman pohon ini kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang dikenal keras dan teguh dalam berpendirian.

Pemerintah Arab Saudi pun akhirnya menyetujui ide Bung Karno untuk “menghijaukan” Padang Arafah. Ribuan bibit pohon mimba pun akhirnya dikirim dari Tanah Air.Tidak berhenti di situ,Bung Karno juga mengirimkan ahli tanaman dari Indonesia untuk mengembangbiakkan tanaman yang memang cocok tumbuh di daerah tandus ini. Atas jasa Bung Karno,masyarakat Arab Saudi pun akhirnya memberikan julukan pohon-pohon itu dengan nama “pohon Soekarno”.

Kini,pohon Soekarno tumbuh rimbun di berbagai sudut kota di Arab Saudi.Baik di Mekkah,Madinah maupun Jeddah.Tidak terkecuali di Padang Arafah yang sejak dulu memang terkenal gersang,panas,dan tandus. Khusus di Arafah,pohon Soekarno ini telah memenuhi sebagian besar kawasan dengan luas 5,5 x 3,5 kilometer persegi tersebut.

Pohon Soekarno yang ada di Arafah kini sudah memiliki tinggi rata-rata 2–3 meter.Pohon ini berdiri di sepanjang jalan-jalan utama Padang Arafah.Pohon ini tumbuh di lokasi-lokasi yang akan ditempati tenda-tenda jamaah haji dari seluruh dunia untuk melaksanakan prosesi wukuf.

http://www.seputar-indonesia.com

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment