Tuesday, July 17, 2012

Hiburan dan Refreshing Para TKI

pantai Dammam/dok.Teguh S
Sebagai manusia biasa, para Tenaga Kerja Indonesia(TKI) juga butuh hiburan  disela-sela aktifitas pekerjaannya. Bagi para TKI Saudi khususnya di kota Dammam ada beberapa tempat favorit untuk berlibur atau sekedar refreshing dari rutinitas kerja. Tidak seperti negara-negara Timur Tengah lainnya dinegara dengan hukum syariahnya ini tempat-tempat hiburan sangat terbatas. Jangan berharap ada bioskop,  apalagi diskotik. Saudi memang “neraka” bagi penggemar hiburan-hiburan “maksiat”, namun “sorga” bagi yang nggak suka hiburan-hiburan seperti itu. 

Walau tidak begitu banyak tempat hiburan namun ada beberapa tempat yang biasa dijadikan tempat refreshing. Salah satunya adalah corniche, kornis atau pantai.  Kota Dammam terletak dekat pantai, tempatnya mudah dijangkau, gratis dan lumayan nyaman, terutama dimalam hari. Kalau yang hobi mancing juga bisa tersalurkan dengan memancing dibeberapa teluk pantai buatan.

 Tempat berikutnya mall atau pusat perbelanjaan. Ada beberapa mall besar di kota Dammam. Bagi yang punya duit sekalian belanja, kalau yang tong pes kantong kempes ya cukup jalan-jalan, sambil lihat-lihat barang dagangan. 

Bagi yang suka sepak bola bisa melihat Liga TKI, pertandingan bola antar klub TKI  tiap hari jumat pagi, tapi saat ini sudah berakhir kompetisinya, mulai lagi mungkin setelah lebaran. 

Kalau duit lagi lumayan banyak kadang pergi ke restauran Indonesia untuk sekedar melepas kangen dengan masakan-masakan tanah air, macam sate ayam, gado-gado soto, nasi goreng dan sebagainya. Atau kumpul-kumpul bareng teman pesta kecil kecilan dengan memasak bersama atau beli jadi di restauran.

Nah yang malas keluar rumah cukup didalam kamar dengerin mp3. Bisa juga nonton TV kabel bagi yang punya TV. Kalau yang punya komputer atau laptop dan ada koneksi internet ya chating, browsing, nonton film via you tube atau nonton TV Indonesia lewat streaming.. Kebetulan koneksi internet  di Saudi sudah 4G jadi cukup lumayan cepat wuss…wuss…

Dammam, 17 Juli 2012
http://www.kompasiana.com/www.warungaqiqah.com


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment