Jumat, 13 Juli 2012

Serba-serbi Transportasi di Arab Saudi

Jalan tol di Arab Saudi. Foto: danielschereck.com.
Wilayah Kerajaan Arab Saudi dihubungkan dengan jaringan transportasi modern yang jumlahnya mencapai lebih dari 171 ribu kilometer.

Jaringan jalan besar yang modern menghubungkan kota dan wilayah-wilavah pegunungan, termasuk jaringan terowongan yang dibekali dengan peralatan modern di kota-kota haji, yaitu Makkah dan Madinah dan tempat-tempat suci lainnya.

Transportasi antarkota
Armada penerbangan Saudi Arabian Airlines menguasai seluruh rute domestik. Perusahaan bus Saudi Arabian Public Transport Company (SAPTCO) beroperasi secara terbatas di dalam kota dan antarkota utama serta beberapa kota di negara tetangga. Jaringan jalan antarkota dihubungkan dengan jalan tol tanpa bayar.

Transportasi dalam kota
Transportasi umum dalam kota mengandalkan mobil pribadi atau taksi. Meskipun pemerintah Arab Saudi menetapkan sistem pembayaran taksi dengan cara perhitungan meter, namun saat musim haji biasanya ongkos taksi ditentukan dengan sistem tawar menawar (sekitar lima riyal Saudi) untuk jarak dekat dan sedang. Sedangkan ke bandara sekitar 50 riyal.

Transportasi antarnegara
Turis bisa memasuki Arab Saudi melalui jalur darat lewat Yordania (Amman) ke Damman, Madinah, dan Jeddah. Tersedia jalur darat menuju Yaman (dari Jeddah), Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Bus Internasional melayani jalur perjalanan antara Arab Saudi dan Bahrain, Mesir, Yordania, Qatar, Suriah, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Pelabuhan
Di Arab Saudi terdapat jaringan dermaga besar di berbagai wilayah, yaitu Dermaga Islam Jeddah, Dermaga Dammam, Dermaga Jubail, Dermaga Yanbu’, Dermaga Jazan, Dermaga Industri Yanbu Raja Fahd, dan Dermaga Industri Raja Fadh di Jubail. Pelabuhan Jeddah merupakan salah satu pelabuhan terbesar dan terpenting di Arab Saudi.

Pelabuhan Islam Jeddah (Islamic Jeddah Port) merupakan pelabuhan terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Pelabuhan tersebut merupakan pintu masuk utama wilayah barat Arab Saudi. Pelabuhan Islam Jeddah memiliki fasilitas modern.

Selain melayani lalu lintas ekspor-impor, Pelabuhan Laut Jeddah juga masih digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal yang membawa jamaah haji. Terutama jamaah dari negara-negara kawasan Teluk dan Afrika.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Hannan Putra
REP


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar