Selasa, 03 Juli 2012

Arab Saudi Buka Kembali Kedubesnya di Yaman

Raja Abdullah
Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz memerintahkan pembukaan kembali kedutaan besarnya di Yaman. Sebelumnya, menurut warta Saba pada Senin (2/7/2012), Arab Saudi menutup kedutaan besarnya selama hampir tiga bulan. Pasalnya, ada kasus penculikan diplomat Arab Saudi di negeri itu oleh kelompok Al Qaeda.

Keputusan pembukaan kembali hubungan diplomatik kedua negara salah satunya berlandaskan pernyataan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi, kemarin. Menurut Hadi, ribuan warga Yaman yang akan melaksanakan ibadah umrah tidak bisa mendapatkan visa untuk masuk ke Arab Saudi. "Raja Abdullah langsung merespons dan memberikan perintah," kata warta Saba.

Bagi pihak Yaman, penutupan Kedutaan Besar Arab Saudi di negeri itu malahan mendatangkan kerugian secara finansial. Pihak Asosiasi Biro Perjalanan Yaman mengeluh kehilangan jutaan dollar AS gara-gara penutupan itu.

Sebelumnya, pada 28 Maret 2012, staf diplomatik Arab Saudi, Abdullah al-Khaledi diculik dari rumahnya di Aden, Yaman oleh kelompok Al Qaeda. Kelompok itu, pada April meminta uang tebusan 150 juta real Arab Saudi atau setara dengan 40 juta dollar AS.KOMPAS.com -


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar