Selasa, 24 Juli 2012

Rupanya Ini, yang Membuat Orang Saudi Arabia Hoby Bersedekah Memberi Makan Orang Berpuasa..!

Buka bersama di saudi arabia adalah hal biasa,kemarin sudah saya bahas sedikit cerita tentang buka bersama di masjid..di mana begitu mudah kita dapat jumpai,asal mau saja..dimana-mana bisa kita buka bersama..!bukan hanya di masjid,di jalan raya/di pom bensin ataupun di perumahan,selalu ada saja orang  saudi yg berbaik hati membagikan makanan dan minuman untuk siapa saja yang hendak berbuka puasa.

Karakter orang saudi memang uniq,mereka jika di bulan Ramadan umumnya menjadi begitu kareem dan baik hati terhadap siapa saja(secara umum),walau ada individu yang tidak baik,tapi dimana-mana ya ada..saja..!

Cuma  khasus bulan Ramadan memang lain,mereka memang benar-benar berlomba-lomba memberikan sedekah baik itu makanan ataupun uang.

Kalau untuk sedekah  makanan sudah di tebak,sasarannya adalah orang yang hendak berbuka puasa,maka masjid-lah menjadi tumpuan untuk berbagi.

Sementara untuk uang biasanya,wanita-wanita takhroni/orang chad dan niger yg biasanya kerja memungut sampah,jika hendak magrib mereka pada duduk di tengah trotoar di kawasan perumahan..sasarannya adalah di belokan jalan raya,dimana..otomatis mobil..melaju pelan..nah saat melihat grombolan wanita takhroni ini yg bawa anak kecil dan pekerjan harian mereka adalah  memungut sampah kardus serta sampah kaleng soft drink..bisanya orang saudi tidak tega..dan udah pasti..membagi recehan untuk mereka..!

13430843271495120900
susieofarabia.wordpress.com/sedekah
Apa yang menggerakan orang saudi ini begitu getol,meberikan sedekah makanan bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan..?

Ternyata alasannya adalah sederhana saja,mereka berpedoman pada Hadish ini:

“Barangsiapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

Sementara pahala bagi orang yang berpuasa adalah sbb:
“Rasulullah s.a.w. bersabda: Semua amalan anak Adam digandakan kebaikannya sepuluh kali ganda serupa dengannya hingga tujuh ratus kali ganda, Allah Azza Wajalla Berfirman: Melainkan puasa, kerana ianya untukKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya, mereka meninggalkan syahwat dan makanan keranaKu. Bagi orang yang berpuasa akan mendapat dua kegembiraan: Kegembiraan ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketika menemui Tuhannya, dan bau busuk (dari mulut orang berpuasa) kerana berpuasa lebih wangi disisi Allah daripada bau Misk. (minyak wangi kasturi). Hadist :(Al-Bukhari dan Muslim)

Sementara kerugian orang yang meninggalkan puasa adalah:
“Sesiapa berbuka satu hari pada bulan Ramadhan tanpa ada rukhshah (uzur syarak) dan tidak juga kerana sakit, dia tidak akan dapat menggantikan puasa yang ditinggalkannya itu, sekalipun dia berpuasa seumur hidup.” (Hadis riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah).

Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung,tulisan ini hanya sekedar berbagi dan saling mengingatkan,selama bulan Ramadan..!

Wassalamah..!
www.kompasiana.com/deltapro


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar