Sabtu, 28 Juli 2012

Serba-serbi Buka Puasa di Saudi


1343436062242948885
buka bersama di pom bensin jeddah saudi arab.doc pribadi

Alhamdulilah  tak terasa sudah satu minggu kita menjalani ibadah puasa di bulan rhamadan ini,empat kali puasa empat kali lebaran diri ku masih tetap menjalan kan ibadah puasa di negri orang. Emang ada rasa kurang kalau kita menjalan kan ibadah puasa tanpa kehadiran kluarga tercinta atau sahabat sahabat tercinta.ketika buka puasa atau sahur biasanya berjamaah bersama mereka.

Serba serbi buka puasa di saudi yang saya jalani banyak hikmah yang saya ambil , coba kita lihat dari berbagai negara ,( ada fakistan ,india, fhilipine,afrika, banglades,suria, turky, mesir, libanon yordania dll) beda bahasa, suku, ras kumpul bersatu waktu buka puasa bersama ,subhanallah indah nya kebersamaan kita di saat saat menjemput adzan magrib dan buka puasa bersama. seperti satu kluarga , tidak memandang kaya atau miskin jabatan atau rakyat jelata duduk bersama sama buka puasa bersama sama.dan shalat berjamaah.

1343437847665487601 Menu yang biasa untuk buka puasa biasa nya nasi+ayam,sambusa, kurma, juice , buah buahan( anggur, apel, jeruk semangka dll) air jam jam. Di Saudi acara buka bersama biasanya di adakan di halaman mesjid mesjid, halaman farkir, apartemen ,pom bensin dll, kebetulan saya buka bersama di pom bensin dekat tempat ku kerja( restauran pizza)

Seminggu yang lalu buka puasa bersama di mesjid hara.., dari mana makanan tersebut? biasa nya makanan atau pun minuman di datang kan dari para dermawan, atau yang punya tempat misal nya yang punya apartemen mengadakan buka bersama sebulan penuh . Alhamdulilah di bulan yang penuh berkah ini sedikit irit buat urusan perut wkkkk ,,, gratiiissssssssss.

Di saudi yang saya lihat para dermawan kaya  berlomba lomba menyajikan buka puasa bersama,atau membagi bagikan makanan dan minuman pada orang yang mau buka puasa , lagi duduk menanti ADZAN magrib banyak yang turun dari mobil mobil mewah, membagikan makanan dan minuman.

salam ukwuah dari jeddah by hm saefullmillah

Mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain.
Kita telah mengetahui betapa besarnya pahala puasa Ramadhan. Bayangkan jika kita bisa menambah pahala puasa kita dengan pahala puasa orang lain, maka pahala yang kita raih lebih berlipat lagi. Subhanallah! Dan ini bisa terjadi dengan sedekah, yaitu dengan memberikan hidangan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
من فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا
“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”)

Padahal hidangan berbuka puasa sudah cukup dengan tiga butir kurma atau bahkan hanya segelas air, sesuatu yang mudah dan murah untuk diberikan kepada orang lain.
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يفطر على رطبات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa dengan beberapa ruthab (kurma basah), jika tidak ada maka dengan beberapa tamr (kurma kering), jika tidak ada maka dengan beberapa teguk air.” (HR. At Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi, 696)

Betapa Allah Ta’ala sangat pemurah kepada hamba-Nya dengan membuka kesempatan menuai pahala begitu lebarnya di bulan yang penuh berkah ini.


sumber : -kompasiana.com/hadriansyah + edit
              -artikel muslim.or.id


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar