Rabu, 25 Juli 2012

Raja Saudi Sumbang Rp50 M untuk Warga Suriah

Warga Suriah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.
Warga Suriah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.
Pemerintah Arab Saudi menggelar penggalangan dana untuk warga Suriah yang menjadi korban konflik. Penggalangan dana secara resmi dibuka oleh Penjaga Dua Mesjid Suci, Raja Abdullah, pada Senin waktu setempat.

Dilansir Arab News, Selasa 24 Juli 2012, Raja Abdullah adalah orang pertama yang menyumbang dalam penggalangan dana tersebut. Dari kocek pribadinya, dia memberikan uang tunai 20 juta riyal atau sekitar Rp50,5 miliar.
Putra Mahkota, Pangeran Salman, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, menyumbang 10 juta riyal atau setara Rp25,2 miliar. "Langkah Raja Abdullah ini adalah bentuk persatuan dan solidaritas Islam," kata Abdul Rahman Al-Jeraisy, presiden Kamar Dagang dan Industri di Riyadh.

Para pebisnis dan dermawan berdatangan memberikan sumbangan berupa uang tunai dan barang. Berbagai donasi berupa cek dan uang ditransfer melalui rekening Bank NCB. Sedangkan bantuan berupa barang atau makanan akan dikumpulkan di sebuah gudang.

"Donasi bisa ditransfer ke nomor No. SA231 00 000 201 88 888 000 100," kata Saed Al-Harithy, penasehat Menteri Dalam Negeri Pangeran Ahmed.

Ratusan ribu rakyat Suriah tersingkir akibat konflik di negara tersebut. Menurut laporan PBB, sudah lebih dari 10.000 orang yang tewas akibat gempuran tentara Bashar al-Assad sejak Maret tahun lalu. Ratusan warga Suriah memilih mengungsi ke negara sahabat, seperti Yordania dan Lebanon.

Warga Arab Saudi tidak berhenti memberikan sumbangannya kepada rakyat Suriah. Bulan lalu, seorang pengusaha Saudi mengirimkan konvoi bahan makanan bantuan bagi para pengungsi di negara-negara tetangga.

Tidak tanggung-tanggung, dia kirim 13 truk yang membawa 312 ton bahan makanan, terbagi menjadi 10.000 paket. Bantuan ini diatur pembagiannya oleh Bulan Sabit Merah Arab Saudi dan Yordania. (eh)VIVAnews -


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar