Jumat, 13 Juli 2012

Kunjungan Delegasi Arab Saudi ke Indonesia

Kunjungan PMPP TNI oleh Delegasi Arab Saudi

DSC02714
Jakarta,-Pada hari Senin (2/7), PMPP TNI yang berlokasi di Cilangkap, Jakarta Timur mendapat kunjungan Delegasi Arab Saudi  yang dipimpin Director of National Defence Operation Center, Commodore Fouad A. Nasser didampingi atase pertahanan Arab Saudi untuk Indonesia, Kolonel Osama Mohammad Al Shuabi serta rombongan yang berjumlah 8 orang.

“Arab Saudi sebagai salah satu negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia mempunyai kesamaan spesifik, dimana Arab Saudi merupakan negara Islam, dan Indonesia negara berpenduduk Islam terbesar didunia. Hal ini merupakan sesuatu yang kondusif dan mendukung dalam menjalin kerja sama di bidang militer”, dalam sambutan Dan PMPP TNI yang dibacakan oleh Wadan PMPP TNI, Kol Pnb Anastasius Sumardi saat menerima kunjungan tersebut. 

Wadan PMPP TNI menjelaskan tentang PMPP TNI dan perannya dalam operasi perdamaian dunia, yang mana penjelasan secara detail dipaparkan oleh Mayor Inf Ferdino Silalahi, staf dari Ditbinrenops PMPP TNI. Para delegasi tampak antusias melihat pemaparan ini, beberapa pertanyaan yang dilontarkan tentang prosedur penugasan dalam operasi perdamaian, diantaranya adalah penyiapan material satgas, proses reimbursement, proses rekrutment, penyiapan latihan, termasuk fasilitas baru yang ada di Sentul. 

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan pertukaran cendera mata antara PMPP TNI dan National Defence National Operation Center Arab Saudi. Meskipun kunjungan delegasi arab Saudi sangat singkat, namun diharapkan hal ini bisa menjadi awal yang baik dalam menjalin hubungan antara Arab Saudi dengan PMPP TNI(IF/Timz).
DSC02712  DSC02710 
sumber : pkc-indonesia.com

Kasarmabar Terima Kunjungan Delegasi Arab Saudi


arab-subJAKARTA (Pos Kota) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Sadiman, S.E., diwakilkan kepada Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI M. Atok Urrahman menerima kunjungan kehormatan Delegasi National Defence Operation Center Arab Saudi yang dipimpin Director of National Defence Operation Center Arab Saudi Commodore Fouad A. Naser di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2012).

Pangarmabar Laksda TNI Sadiman, S.E., dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmabar Laksma TNI M. Atok Urrahman mengatakan, kita harus membangun kerja sama dengan bangsa lain baik dalam hubungan bilateral maupun multilateral. Dengan kerja sama, kita akan mendapatkan kepercayaan dan saling pengertian serta menghindari sengketa dan dapat mengelola lingkungan strategis.

Pada kesempatan tersebut, Pangarmabar memberikan penjelasan tentang peran dan misi Koarmabar yaitu melakukan operasi intelijen maritim untuk meningkatkan pencapaian operasi laut, melakukan operasi militer tersendiri maupun gabungan, melakukan operasi militer selain perang (OMSP) seperti keamanan laut, mengembangkan kemampuan dan kekuatan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Mengembangkan kemampuan tempur laut dan kesiapan unit operasional untuk melaksanakan operasi militer perang (OMP) dan OMSP dalam mendukung pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat dari laut, dalam usaha menegakkan kedaulatan hukum maritim, mengembangkan sumber daya maritim untuk memperkuat pertahanan dan keamanan nasional di laut yang bertanggung jawabkan langsung kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, Indonesia sebagai negara maritim harus menjaga keamanan lautnya agar terbebas dari segala ancaman kekerasan terhadap keselamatan navigasi serta ancaman pelanggaran dan perusakan lingkungan laut.

Diakhir amanatnya, Pangarmabar berharap kunjungan kehormatan tersebut dapat meningkatkan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Arab Saudi yang telah terljalin dengan baik selama ini.
Hadir pada kegiatan tersebut para Asisten Pangarmabar serta para Komandan Satuan jajaran Koarmabar.
Kepala Dispenarmabar
Agus Cahyono
Letkol Laut (KH) NRP. 10881/P
Teks Gbr- Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI M. Atok Urrahman menerima kunjungan kehormatan Director of National Defence Operation Center Arab Saudi Commodore Fouad A. Naser di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar, Selasa (3/7).


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar