Monday, January 16, 2012

Al-Ukhdood Saudi yang Pernah Menjadi Wilayah Kristen dan Yahudi

Najran ( نجران ), sebelumnya dikenal sebagai Aba as Sa’ud, adalah sebuah kota di barat daya Arab Saudi dekat perbatasan dengan Yaman. Ini adalah ibukota Provinsi Najran. Najran adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat dikerajaan Arab Saudi penduduknya telah meningkat dari 47.500 pada tahun 1974 dan 90.983 pada tahun 1992 menjadi 246.880 pada tahun 2004 (sensus). Populasi sebagian besar milik dari suku kuno Yam.
Kota kecil yang penuh dengan sejarah baik dari sisi ISLAM, KRISTEN dan YAHUDI.dalam kesempatan ini saya ingin bercerita tentang perjalanan saya ke kota tersebut.saya temui banyaknya orang orang yaman yang tinggal disana.Najran sangatlah berdekatan dengan negara Yaman karena asal muasal kota Najran adalah bagian dari daerah negara Yaman.13266340211806024354
orang pertama yang pertama duduk dikota tersebut bernama Najran bin Saba bin bin Zaydan Yahjub bin Qahtan bin Yarub, makanya lebih dikenal dg sebutan NAJRAN.dari sisi Islam kota ini dihuni oleh begitu banyaknya ras, sehingga banyak aliran Islam disana, Hambali, Syafi’i,serta Maliki.tidak ketinggalan golongan Syiah terdapat disana.
sebelum kependudukkan Islam, Yahudi berkuasa penuh atas Najran lalu dilanjutkan dengan kekuasaan Kristen pada masa kekuasaan Roma.bisa anda bayangkan banyaknya generasi yang menduduki kota tersebut tentunya meniggalkan banyak sekali kisah bersejarah.kota lama peninggalan sejarah tersebut sekarang lebih dikenal dengan nama AL Ukhdood.terjadinya perang antara Yahudi dan Kristen pada masa itu memakan korban sekitar 20000 orang dan dikutuk didalam Alquran surat Al Buruj:4. Pada masa Khalifa Umar umat kristen dipindah keluar dari semenanjung Arab
1326633911584681724
Najran menjadi bagian dari negara Saudi pada tahun 1934 setalah bersitegang dengan negara Yaman yang mengklaim daerah tersebut, berkat dukungan orang kuat Najran pada waktu itu syekh Jabir Abu sag untuk mensokong Arab saudi dalam perebutan Kota Najran dan berhasil setelah pertarungan yang dimulai dari tahun 1932.gubernur pertama yang mengusai kota najran adalah anak dari Raja Abdullah, pangeran Mishaal bin Abdullah bin Abdulaziz.
keindahan tempat bersejarah dapat kita lihat langsung kedaerah AL Ukhdood tersebut, tanpa dipungut biaya sepeserpun, lokasi dipagar agar tetep terjaga kondisinya.
Al-Ukhdood juga dipercaya orang orang sekitar kalo kota tersebut dulunya adalah kota yang dibalik oleh Allah SWT karena warganya yang gemar akan Sodomi ( zaman nabi Luth).gerbang utama lokasi bersejarah bersebelahan dengan Museum kota Najran dimana juga tersimpan barang barang dari zaman nabi saya rasa.
Salam :)
1326634369585498565
http://www.kompasiana.com/farukramzi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment