Thursday, January 5, 2012

Saher si Kamera Saudi

 
 
Setelah pemerintah Arab Saudi mengamati tingginya tingkat kecelakaan yang disebabkan dari kecepatan dalam mengemudi kendaraan.13 orang per 1000 kasus kecelakaan meninggal pertahunnya,Tahun 2010 Brigader Jendral Muhammad Al-Qahtani kepala polisi lalu lintas di Jeddah meresmikan pemasangan awal kamera pengawas kecepatan.
Kamera kecepatan sebelumnya lebih dikenal didaratan benua Amerika dengan sebutan Speed Camera.kemampuan kamera Saher mampu mengambil gambar 8 kendaraan sekaligus dengan resolusi gambar yang cukup tinggi.kecepatan maksimum ditentukan sesuai dengan ketentuan jalur dimana kamera tersebut dipasang.

Denda yang dibebankan pada pelanggar kecepatan tersebut variatif tergantung dari kecepatan yang dilakukan,misalnya rambu jalan tertulis 12okm kita melewatinya dengan penambahan 10km kita terkena denda sebesar 300 SAR. Jika kita menambah kecepatan 20km keatas maka denda awal 500SAR, dan jika kita tidak segera membayarnya dalam kurun waktu satu bulan maka denda bertambah 2kali lipat dari denda awal.
System pemberitahuan denda secara langsung didapat oleh pelanggar dalam waktu kurang dari 12 jam melalui email dan SMS ( atas nama yang telah tertera di STNK/pemilik kendaraan).dan dapat dibayar melalui jasa pembayaran atau lewat jalur Bank.Denda double ini berlaku terhadap segala jenis tilangan yang tidak dibayar dalam kurun waktu satu bulan, jadi jangan coba - coba melanggar lalu lintas di Arab Saudi karena nilai dendanya yang cukup tinggi dan dapat berlipat.
Denda berlipat ini sempat menjadi pergungjingan hebat diantara kalangan agama di Saudi, RIBA menurut mereka.sampai sekarang pun tidak ada kelanjutannya, saya kira dalil yang dipakai adalah agar memberi rasa jera yang cukup dalam bagi para pelanggar agar segera melunasi dendanya. 
Cukup membuat marah dan jera para Speeder muda di Saudi Arabia karena acara gila adu kecepatan tidak lagi dengan mudah mereka lakukan.temperamen gaya mengemudi Arab Saudi yang cenderung norak sedikit berkurang.
1325711227708804094
Prince Makkah meresmikan Saher (ArabNews.com)
Wilayah negara yang cukup luas dan menyerupai luas sebuah benua 2,240.000 km dari empatperlima  kawasan Semenanjung Arab, negara terbesar di Asia Timur Tengah.seluruh jalur lalu lintasnya dapat ditempuh dengan jalur darat yang cukup mulus jalannya.kecepatan Maximum adalah 120km/jam namun kecepatan pada kendaraan yang umum digunakan warga Saudi dapat mencapai 280km/jam pada mesin 6 cylinder.resiko yang tidak diinginkan dapat saja terjadi pada mereka kapanpun, itu sebabnya pemerintah menerapkan system pengawasan kecepatan melalui system SAHER si kamera.

Faruk Ramzi  http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/01/05/saher-si-kamera-saudi/





Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment