Monday, January 30, 2012

Check Point, Pos yang Ditakuti Penjahat Saudi

1327767834960488368
Saudi Check Point (google)
Check Point…? tulisan yang akan anda temui jika berkendaraan antar kota di Saudi Arabia. Check Point atau titik pemeriksaan ini berfungsi untuk memeriksa kelengkapan document penumpang serta pengemudi yang keluar masuk jalur antar kota.untuk jammah Haji atau Umroh pasti tahu apa itu check point.

setiap kali melewatinya untuk pemula pasti akan gemetaran, sebab setiap gerbang check point selalu dijaga oleh petugas yang bersenjatakan komplit, untuk musim musim tertentu seperti bulan Haji daerah Jeddah - Makkah personnel nya akan ditambah dengan petugas dari Imigrasi ( Jawazat ).

Kira kira 1000 meter sebelum lokasi check point pasti ada rambu rambu pemberitahuan, kewajiban anda adalah mengurangi kecepatan. kurang dari 50 meter anda berhadapan dengan polisi tidur, jika terlihat anda mengerem mendadak akan mendapat peringatan atau surat tilang karena kecepatan.

13277680651209480715
pengechekan document perjalanan (google)
Selain menanyakan kelengkapan document kendaraan fungsi check point juga untuk menjaga jangan sampai jalur perjalanan menjadi bebas untuk para resident yang ilegal, sebab di Saudi sendiri masih banyak orang yang ilegal atau tidak memperbaharui Igamahnya ( ID card/resident permit ).memberhentikan kendaraan yang memakai kaca film gelap melebihi aturan kepolisian lalin dan memberi hukuman melepas kaca filmnya sampai terlihat seperti semula.serta memeriksa muatan yang ada di dalam container atau Box sebuah truck, jadi jangan harap anda akan lolos membawa barang tanpa document yang jelas di Arab Saudi.

tapi jangan khawatir karena pengechekan mereka seperti yang saya ketahui tidak secara detail (random), kecuali mereka (petugas) mendapat laporan pencarian seseorang dengan target sebuah merk kendaraan tertentu, anda bisa melihatnya jika yang diberhentikan sebuah jenis kendaraan tertentu tersebut, pasti akan terus hingga DPO mereka temukan.

lah yang begini ini, yang harus di tiru oleh bangsa kita setiap Gapura antar kota di sediakan Pos Check Point.bukan Gapura kosong ga ada artinya seperti saat ini.

Check Point akan dapat menghambat perjalanan para penjahat (DPO), menghambat pengiriman barang Haram ( ganja dsb).berfungsi juga mengurangi penduduk indonesia yang ingin ke kota kota besar, karena akan ditanya soal surat jalan.tapi jangan sampai difungsikan untuk PUNGLI loh ya….kasihan abang supir :)


Salam Jed2812012
http://www.kompasiana.com/farukramzi


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment