Monday, January 30, 2012

Arab Saudi prakarsai perdamaian militan Taliban dan Pemerintah Afganistan

Hamid Karzai dan Raja Abdullah
 
KABUL - Pemerintah Presiden Afghanistan Hamid Karzai, dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan kelompok militan Taliban di Arab Saudi. Pertemuan ini merupakan upaya lanjutan untuk melakukan perdamaian antara pemerintah dengan Taliban.

Kelompok Taliban yang diusir dari kekuasaan sejak invasi Amerika Serikat (AS) 2001 lalu, mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mendirikan kantor perwakilan politik di Qatar. Pembukaan kantor perwakilan tersebut dilakukan menjelang pembicaraan damai di Washington, AS.

Para negosiator Taliban pun sudah melakukan pembicaraan awal dengan para pejabat AS di Arab Saudi, demi mengakhiri perang yang terjadi di Afghanistan.

Menurut laporan BBC, baik pihak Afghanistan maupun Taliban ditengarai akan melakukan pembicaraan secara langsung tanpa ada mediator. Hal ini pun diakui oleh seorang pejabat tinggi Afghanistan.

"Kami akan terus mencari jalan perdamaian di Afghanistan, termasuk kontak dengan Taliban yang tidak terbatas hanya melalui kantor perwakilan mereka di Qatar," ucap pejabat yang enggan disebutkan namanya tersebut seperti dikutip BBC, Senin (30/1/2012).

Laporan tersebut juga didukung oleh seorang anggota Dewan Shura Taliban, khususnya mengenai pembicaraan di Arab Saudi.
 
(faj/okezone)


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment