Saturday, January 14, 2012

Jalan-jalan ke Kota Abha di Saudi Arabia




1325959761432010556
Untuk  warga negara indonesia yang menetap di saudi arabia, walaupun mungkin belum pernah berkunjung ke kota abha,  paling tidak pasti sudah tahu atau mendengar tentang Abha. Kota Abha terletak pada ketinggian 2.270 meter di atas permukaan laut. Abha berada di sebelah selatan kota riyadh dan  kurang lebih berjarak sekitar kurang lebih 1 ribu kilo meter dari kota riyadh. Kalau dari wadi dawasir, abha bisa ditempuh sekitar kurang lebih 400 kilo meter. Dianugrahi dengan pemandangan gunung yang sangat elok, iklim yang sejuk, tanah subur dan curah hujan cukup, abha menjelma menjadi  tujuan wisata yang sangat menarik bagi seluruh warga arab saudi bahkan dari  negara-negara teluk lainnya.  Kalau sedang musim liburan bisa kita lihat, banyak sekali mobil2 yg ber plat kuwait, oman, qatar atau ber plat negara teluk lainnya yg berseliweran di daerah abha.
1325958196553477811325958456977885119[
Abha merupakan pusat pemerintahan regional dan ibukota Provinsi Asir.  Wilayah abha  ini dikelilingi
pegunungan, lembah dan dataran yang sangat  subur. Iklimnya cukup moderat, kadang terjadi hujan deras, dan kadang panas. Abha juga kerap tertutup awan. Musim panas di Abha terasa lebih nyaman ketimbang di daerah lain di saudi arabia. Curah hujan di Abha cukup tinggi, dihiasi rerumputan hijau dan dataran tinggi pertanian. Abha seperti daerah puncak bogor. Jalannya yang naik turun dan berkelok kelok persis jalan di daerah puncak. Bedanya kalau di puncak bogor sejauh mata memandang adalah hamparan hijau pepohonan teh, tapi kalau di abha sejauh mata memandang adalah gunung gunung batu yag terlihat cukup elok. Sama seperti di daerah puncak yg sepanjang jalan banyak terdapat pedagang2 sayur2an dan buah2an. Begitu juga di sepanjang jalan di abha, banyak yang menjual buah2an dan sayur2an yang masih segar.

Villa2 dan hotel2 bintang 5 juga restaurant2 banyak bertebaran disepanjang jalan di abha. Ada salah satu restaurant yang sering saya dan keluarga singgahi kalau kebetulan kami berwisata ke kota abha. Sayang saya tidak ingat nama restaurantnya hehehe.  Nasi kabsah kambing nya, jangan ditanya?  lezatttt sekali….. Hanya dengan merogoh kocek 120 real untuk 4 porsi ( isi daging kambing 1kg ) kita akan bisa menikmati nasi kabsah kambing yg sangat lezat sekali. Ditambah 4 buah kubs/ roti bulat yg besar2 dan cukup tebal. Rasanya sangat berbeda dengan kubs yang biasa dijual di riyadh.

13260464911169719279
dok. pribadi
Setiap tahun, saya dan keluarga selalu mengunjungi kota abha. Liburan idul adha tempo hari, kami kembali jalan jalan ke kota abha. Selain untuk refreshing dari penat dan panasnya kota riyadh, sekalian kami juga mengunjungi kakek dan neneknya anak2 saya. Kami memang tidak pernah bosan bosannya untuk berkunjung ke kota abha. Karena kota abha memang mempunyai pemandangan yg cukup indah dan hawa yg cukup sejuk. Jalan ke kota abha sekarang ini sudah sangat bagus dibandingkan dengan jalan ke kota abha 2 tahun yang lalu. Sayang sekali, melalui jalan baru yang sekarang kami tidak bisa lagi melewati jalan yang sering banyak ditongkrongi oleh monyet2.  Beberapa tahun sebelumnya, sebelum jalan baru ini selesai di bangun, kami biasa melewati daerah dimana banyak sekali monyet2 berkeliaran.  Monyet di abha itu lucu2 karena warnanya kemerah merahan….hehehe. Untuk rekan rekan kompasioner yang mukim di saudi arabia. Rugi lho kalau belum pernah mengunjungi kota abha. Dan kalau ada yg punya rencana jalan2 ke abha, yukkk kita janjian bertemu di kota abha. refreshing sekalian kopdaran.

Catatan : Maaf saya tidak bisa memasukkan pics yang lain, karena susah sekali di uploadnya. maklum emak2 gaptek.

http://www.kompasiana.com/andinie


Artikel Terkait:

1 comment:

  1. subhanallah,, semoga saya suatu waktu bisa jalan2 ke sana,,aaamiiin,,,

    ReplyDelete